Jumat, 21 November 2014

Analisa Program Mobile E-BANKINGBANK BNI

Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet.e-Banking atau electronic banking merupakan fitur produk perbankan yang dilakukan tanpa menggunakan pelayanan pegawai bank, namun melalui delivery channel transaksi elektronik perbankan.
Jenis jenis E-banking
INTERNET/E-BANKING
BNI PHONE PLUS
BNI MOBILE
BNI AUTOMATED TELLER MACHINE (ATM)
SMART CARD DLL
Cara Mudah Menjadi Pengguna BNI Internet Banking
Lakukan Registrasi menggunakan BNI Card*) Anda di BNI ATM melalui menu ”Registrasi E-Channel”, dan buat 6 angka PIN Registrasi BNI Internet Banking.
Lakukan Aktivasi BNI Internet Banking
Gunakan User ID dan Password Anda untuk login  pada Layanan BNI Internet Banking
Untuk bisa melakukan transfer dana, membayar tagihan dan transaksi finansial lainnya, Anda harusmemiliki BNI eSecure
Jenis Transaksi di BNI Internet Banking
Transaksi Nonfinancial
• Informasi saldo
• Informasi mutasi rekening
• Ganti Password
• Ganti Alamat Email
• Daftar Rekening
• Daftar Pembayaran
Transaksi Financial
• Transfer Dana antar Rekening BNI
• Pembayaran Tagihan
• Pembelian Voucher Prabayar
• Pembelian Tiket Airline
• Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)
Phone Plus
PhonePlus adalah layanan perbankan melalui telepon selama 24 jam, menjamin keleluasaan dan kepuasan Anda dalam mendapatkan segala informasi dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari tempat dengan jaminan privasi yang tinggi, serta tidak dibatasi ruang waktu dan gerak
BNI Mobile
BNI Mobile adalah fasilitas layanan perbankan melalui handphone, dengan teknologi Java Application yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana, bayar tagihan dan isi ulang pulsa, serta mengecek saldo dan mutasi seluruh rekening yang Anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa Tabungan, Giro, Deposito, dan Pinjaman.
Sistem Keamanan BNI e-Banking
Menggunakan sistem keamanan standar internasional dengan enskripsi SSL128 bit oleh Verisign. SSL 128 bit (Secure Socket Layer), yaitu lapisan pertama sistem pengamanan BNI Internet Banking yang lazim digunakan dalam dunia perbankan. Dengan menggunakan SSL ini, semua data yang dikirimkan dari server BNI Internet Banking ke komputer nasabah dan sebaliknya selalu melalui proses enkripsi (acak secara sistem) dengan menggunakan sandi 128-bit yang hanya diketahui oleh komputer nasabah dan server BNI Internet Banking. Dengan demikian, pihak-pihak lain tidak akan dapat mengartikan transmisi data tersebut apabila menerimanya.
Pengamanan pintu akses BNI Internet Banking dengan firewall.
Proses registrasi Layanan BNI Internet Banking dilakukan melalui BNI ATM menggunakan PIN BNI Card.
Proses aktivasi melalui www.bni.co.id atau langsung ke https://ibank.bni.co.id menggunakan PIN registrasi dan nomor BNI Card yang digunakan untuk registrasi di BNI ATM.
User ID dan Password dibuat oleh Pengguna saat aktivasi BNI Internet Banking, berupa kombinasi alphabet dan numeric (alphanumeric).
Password BNI Internet Banking dapat diubah kapan saja oleh Pengguna BNI Internet Banking.
Sistem BNI Internet Banking dilengkapi dengan session time out dimana akan otomatis Log Off.
Alat tambahan untuk transaksi finansial menggunakan BNI e-Secure yang akan menghasilkan kombinasi angka yang berubah-ubah (dynamic PIN) setiap kali Pengguna melakukan transaksi.
PIN BNI e-Secure dibuat oleh Pengguna dan digunakan setiap kali mengaktifkan/ menyalakan BNI e-Secure
BNI e-Secure akan otomatis mati apabila tidak digunakan dalam waktu 45 (empat puluh lima) detik
Pemblokiran layanan BNI Internet Banking dilakukan oleh Pengguna melalui permintaan kepada BNI PhonePlus melalui BNI Call.
Limit transaksi finansial per hari dibatasi.
Bukti transaksi BNI Internet Banking dapat dicetak dan atau disimpan sesuai keperluan pengguna.
For User
Buatlah User ID & Password BNI Internet Banking yang tidak mudah ditebak tetapi gampang diingat
Rahasiakan Password BNI Internet Banking Anda dan jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain
Lakukan perubahan Password BNI Internet Banking secara berkala
Jangan tinggalkan computer Anda saat Login ke layanan BNI Internet Banking dan selalu klik “logout” jika sudah selesai menggunakan
Tolak layanan simpan otomatis User ID dan Password BNI Internet Banking pada saat browser menawarkan peyimpanan otomatis
Jangan gunakan User ID atau Password atau Informasi pribadi lainnya ( Nomor rekening, Nomor Kartu ATM dan lain sebagainya) pada web-site yang tidak dikenal.
Jika menggunakan koneksi dan alat nirkabel pastikan bahwa kemanannya cukup /memadai
Biasakan untuk menghapus browser cache dan history setiap selesai bertransaksi
Lindungi komputer anda dari virus dan program berbahaya lainnya
Biasakan untuk melakukan check saldo rekening dan mutasi transaksi secara teratur
Segera beritahukan kepada kami melalui BNI Call di 021 5789 9999 atau


68888 melalui ponsel Anda, jika mendapat masalah atau sesuatu yang mencurigakan

Refrensi : 
- EBOOK GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar